Senin, 22 Juni 2009

Cerdas disaat krisis

Tetap Eksis Ditengah Krisis

Krisis ekonomi yang menghantam Amerika pada pertengahan November 2008 ternyata berdampak sangat besar terhadap perekonomian dunia.Dampak krisis tersebut meluas menjadi krisis global.Banyak perusahaan yang telah merasakan dampaknya,tak terkecuali perusahaan kelas dunia yang telah memiliki sistem management terbaik didunia sekalipun...

persainganpun diangggap semakin ketat,semua pelaku usaha terus berusaha dan berlomba menjadi yang terbaik,dan salah satu langkah yang banyak dilakukan oleh perusahaan adalah merestrukturisasi karyawan demi untuk tetap dapat bertahan di tengah krisis...

beragam efek dapat saja terjadi,baik itu yang positif dan negatif.dimana efek positif yaitu dengan semakin kompetitifnya kompetisi dan persaingan dan persaingan maka tiap individu dan pelaku usaha akan berusaha mencari cara untuk bersaing secara sehat dan menghadirkan inovasi dan ide-ide kreatif,sehingga benar-benar menghasilkan yang terbaik.berbagai teori dan inovasi yang selama ini dipakai belum tentu bisa diterapkan diwaktu yang akan datang,hal ini karena perkembangan zaman dan era technologi canggih memaksa kita untuk terus ikut arus kompetisi.
sedang efek negatifnya yaitu akan menimbulkan saling bersinggungan dan terbenturnya kepentingan,yang kuat dan siaplah yang akan menjadi sang pemenang..

Salah satu metode sederhana untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif adalah dengan analisa SWOT (Strength,Weakness,Oppurtunity,and Threat).

Berikut kita bahas satu persatu

Strengths
Setiap organisasi atau pelaku usaha baik itu berbentuk jasa maupun produk mempunyai kekuatan atau strength.dalam beberapa kasus,kekuatan disini dimaksudkan sebagai penguasaan pangsa pasar,baik itu komoditi global atau komoditi tertentu,semisal perusahaan atau instansi.kekuatan diartikan sebagai sebuah pandangan yang lebih bersifat perspektif tentang kemampuan bergerak lebih cepat.bahkan perusahaan yang hampir ambruk pun juga memiliki kekuatan,walaupun tidak mampu untuk membuat perusahaan itu bangkit kembali.

Weakness
Selain memiliki kekuatan,semua organisasi juga memiliki kelemahan.sebagai contoh perusahaan raksasa yang menguasai hampir 90% pangsa pasar,akan sangat terbuka untuk diserang oleh para kompetitornya,hal ini menjadikan bahwa semua fihak juga memiliki kelemahan.tergantung dari seberapa besar kelemahan ini mempengaruhi kondisi suatu organisasi,dan itu memerlukan analisis tersendiri.

Opportunity
Semua organisasi selain memiliki dua hal diatas yaitu kekuatan dan kelemahan,juga memiliki beberapa pilihan dalam menjalankan usahannya.Baik berupa ekspansi usaha,diversifikasi produk,ekslusif cutomer dan lain-lain.mengenali pilihan yang tersembunyi merupakan keahlian tersendiri.

Threats
Tidak ada organisasi manapun yang bisa terhindar dari ancaman dan tantangan.Baik yang berasal dari internal maupun external.

Dari beberapa analisa diatas dapat kita ambil 4 alternatif strategi,yg merupakan gabungan diantara 2 analisa,antara lain:

1.SO strategies
Ini meupakan situasi yang menguntungkan.perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga mampu dan dapat memanfaatkan peluang yang ada.Strategi yang harus di terapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan petumbuhan yang agresif(Growth Oriented Strategy).
2.ST Strategies.
Dalam kondisi macam ini perusahan menghadapi berbagai ancaman,tetapi masih memiliki kekuatan dari segi internal,yang harus di terapkan dalam kondisi seperti ini adalah menggunakan segenap kekuatan yang ada untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi(Produk/pasar).
3. WO Strategies.
Dalam situasi ini perusahaan menghadapi peluang pasar yang besar,akan tetapi juga menghadapai beberapa kendala/kelemahan internal.Fokus strategi pada situasi dan kondisi yang dimikian adalah meminimalkan masalah-masalah internal sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik.
4.WT Strategies.
Ini merupakan kondisi yang amat tidak menguntungkan,sehingga perusahan harus menghadapi berbagai kemungkinan ancaman dan kelemahan internal.

Terlepas dari semua strategi dan metode yang ada,1 hal yang terpenting adalah kembali kepada individu pelakunnya.Sebesar apapun krisis yang melanda,pastilah ada celah untuk melewatinnya sehingga menjadi sang pemenang.Tidak semua individu dapat melihat celah diantara krisis,karena semua sudah merasa hancur dahulu sebelum bertanding,maka inilah yg harus kita lawan,(smart work).
Dan harapan kedepannya,jadilah sebuah kapal perang yang sanggup bertahan diantara ganasnya gempuran ombak,dan sekaligus mampu menyerang guna mengalahkan semua musuh untuk menjadi sang pemenang.semoga krisis global yang sedang terjadi sekarang ini akan cepat berlalu sehingga perusahaan akan senantiasa mampu berkiprah kembali sehingga tidak akan ada lagi kabar banyak karyawan yang diPHK...
dan semoga kesuksesan akan senantiasa bersama kita.


1 komentar:

Ariyanti mengatakan...

Semoga kita semua bisa menghadapi semua krisis, tidak hanya krisis global, yg paling utama adalah krisis diri sendiri :)

Posting Komentar

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com